Selasa, 26 Januari 2010

Teka-Teki Matematika 22

Tolong Dong! NOEL MENOEL

Menoel cemberut saat tidak bisa ikut teman-temannya menonton film James Bond yang terbaru Quantum of Solace. Padahal ia sudah merencanakan jarak jauh. Sayangnya, pekerjaan sambilannya sebagai relawan tim survei kendaraan bermotor tidak bisa ditinggal. Hasil survei harus disetor segera! Begitu yang diucapkan Midah yang jadi koordinator tadi siang saat bertemu di kantin fakultas.
Pikirannya sudah buntu memelototi data-data. Beberapa sudah selesai dikerjakannya. Masih ada satu dan ia sudah kelelahan. Sambil rebahan ia pun iseng kirim pesan pendek ke teman-temannya yang sedang asyik menonton aksi Daniel Craig.
"Bagus enggak filmnya? Kalau ada 100 keluarga disurvei dengan hasil sbb. : 55 keluarga memiliki sepeda motor, 35 keluarga memiliki mobil, 30 keluarga tidak memiliki sepeda motor maupun mobil, berapa keluarga yang memiliki sepeda motor dan mobil?"
Dalam kondisi rem-remayam (tidur-tidur ayam) ponselnya berbunyi. Sebuah pesan pendek masuk. "Wuihhh ..... pokoknya seru. Mobilnya si Bond dah ringsek. Sepeda motornya enggak boleh dipinjam. Jadi bagaimana?"
"Uhhh ..... sudah suntuk begini malah diledek. Pembaca tolong dong aku", keluh Noel Menoel.

Jawaban :

n = 100 keluarga
SM = 55 keluarga
M = 35 keluarga
(SM-M)' = 30 keluarga

SM atau M = n - (SM-M)' = 100 - 30 = 70 keluarga
(55 - X) + X + (35 - X) = 70
90 - X = 70
X = 90 - 70 = 20

Keluarga yang memiliki Sepeda Motor dan Mobil = 20 keluarga

Sumber : Intisari, Desember 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar