Senin, 25 Januari 2010

Teka-Teki Matematika 19

Tolong Dong! FINA VANDUWINATA!

Bulan September adalah bulan istimewa dalam hidup Fina dan Amir. Pada bulan itu, tiga tahun silam mereka mengikrarkan diri untuk saling menautkan hati. Sayang, baru saja hati tertaut, tak seberapa lama mereka harus berpisah. Fina harus ke Sintang sementara Amir ke Putusibau. Memang, masih sama-sama di Kalimantan Barat, namun jarak yang memisahkan mereka lumayan jauh. Sekitar 247 km.
Mereka berdua bergantian untuk saling melepas rindu. Tak ada jadwal pasti. Yang jelas, setiap bulan September mereka pasti bertemu. Nah, kali ini giliran Amir yang harus ke Sintang menjumpai Fina, sang kekasih hati. Tepat pukul 10.35 Amir sudah sampai di rumah Fina, yang terkejut sebab Amir tidak memberitahukan kapan ia berangkat.
"Wah, cepat sekali datangnya. Ngebut ya?" tanya Fina di tengah alunan lagu "September Ceria" milik Vina Panduwinata yang keluar dari minicompo di ruang tamu rumah Fina.
"Hitung saja kecepatan rata-rataku jika tadi aku berangkat dari rumah pukul 7.20", kata Amir berteka-teki.
"Ihhh ..... gitu deh. Tapi enggak apa-apa. Aku 'kan bisa tanya ke teman-teman baikku. Bukan begitu Pembaca? Tolong aku ya?" Fina berkata manja mengikuti lagu Vina, "September ceriaaaa ..... milik kita bersama ..... "

Jawaban :

10.35 - 7.20 = 3.15 (3 Jam 15 menit = 3 x 60 + 15 = 195 menit = 195/60 = 3,25 jam)

247 km/3,25 jam = 76 km/jam

Kecepatan rata-rata Amir = 76 km/jam


Sumber : Intisari, September 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar