Minggu, 10 Januari 2010

Teka-Teki Matematika 15

Tolong Dong ! EIFEL

Eifel, sekretaris sebuah partai yang sedang mempersiapkan ikut Pemilihan Umum 2009 sedang gusar. Kristin sejawatnya berusaha mengorek penyebab kegusaran Eifel. Siapa tahu ia bisa membantu melenyapkan kegusaran Eifel. Soalnya, kalau Eifel uring-uringan, seisi kantor bisa terpengaruh.
"Fel, emang loe sedang mikirin apa sih?" Kristin memberanikan diri bertanya.
"Si bos Al Asin ngeledek nih. Mau minta tolong aje nyuruh gue meres otak. Mana waktunya dah mepet. Doi sih enak-enak saja. Barusan ngabarin sedang ada di Surabaya ketemu pengurus di sana".
"Emang minta tolong apaan si bos?"
Kristin mulai gemes juga. Al Asin memang suka iseng kalau minta tolong. Kristin sebenarnya sebel, tapi bagaimanapun juga dia bos.
"Nih aku bacakan faks-nya aja. Eifel yang baik. Aku ke Surabaya dulu, Tolong siapkan beberapa pengurus yang akan menangani empat komisi yang pernah dibahas beberapa waktu lalu. Ada dua petunjuk untuk mengetahui berapa banyak pengurus yang terlibat: (i) setiap anggota tergabung ke dalam tepat dua komisi dan (ii) setiap dua komisi memiliki tepat satu anggota bersama. Pusing gak loe? Minta tolong aja pakai muter-muter segala".
"Hehehe ... tenang aja Fel. Kita minta tolong pembaca aja", Kristin memberi usul.
"Oh, iya-iya. Pembaca, tolong dong aku ...", Eifel memelas.

Jawaban :

I000II000III000IV
-000--000---000--
A000C00000A0000B
B000D00000C0000D

Pengurus yang akan mengurus : 4 orang

Sumber : Intisari, Mei 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar