Senin, 14 Desember 2009

Lingkungan dan Teknologi

Lingkungan

Cakram digital dan cakram padat musik yang tak terjual dicacah untuk menghindari pembajakan, lalu didaur ulang.

Penghancuran Cakram

Cakram padat (CD) dan cakram digital (DVD) yang tak terpakai, rusak, dan dihancurkan setiap tahun jumlahnya miliaran. Apa yang bisa dilakukan agar cakram-cakram itu dapat didaur ulang? Sejumlah perusahaan daur ulang melakukannya dengan membeli cakram dalam jumlah besar dari kalangan bisnis. Yang diincar adalah plastik polikarbonat pembungkus lapisan data reflektif. Cakram itu direndam dalam cairan kimia untuk menghilangkan tinta, pernis, dan alumunium. Plastiknya lalu dilelehkan dan dicetak menjadi rangka kacamata, suku cadang motor, dan pagar.
Sayangnya, sulit untuk melacak dampak ekologis dari proses ini-khususnya di China. Begitu menurut Derby Hoover dari Natural Resources Defense Council.
Para pendaur ulang skala besar tidaklah begitu terlalu tertarik kepada cakram dari perorangan yang jumlahnya kecil. Namun, San Francisco adalah salah satu dari segelintir kota di AS yang tertarik. Masyarakat bisa mengirimkan cakramnya lewat pos atau kotak penampung di sejumlah toko.
Jika warga tak berminat, ada cara lain. Yaitu, memperbaiki cakram rusak. Perangkat Disc-Go-Devil bisa menghilangkan goresan dengan memoles halus permukaan plastik cakram yang rusak. Teknologi ini sudah digunakan perusahaan-perusahaan penyewaan video di AS. Mungkin tak lama lagi warga dapat segera membeli perangkat ini. - Marc Silver

National Geographic : September 2009

Teknologi

Demam Lithium

Armada kendaraan masa depan, yaitu mobil listrik sepertinya akan bergantung pada elemen yang langka: Lithium. Sebagai logam teringan di dunia dan berkemampuan tinggi dalam menyimpan arus listrik, Lithium yang terkandung dalam aki dapat memenuhi kebutuhan energi mobil listrik. Lithium yang cuma sedikit tersedia di pelosok samudera dan kerak bumi sangatlah serbaguna. Lithium bisa untuk mengoperasikan komputer jinjing, dalam bentuk bubuk bisa untuk perawatan penderita gangguan mental, meski para ilmuwan belum tahu pasti bagaimana Lithium mencegah terjadinya perubahan suasana hati yang ekstrem dan cepat. Selain itu, Lithium juga dipakai untuk mencerahkan lapisan keramik. Lithium ditambang dalam bentuk bijih pada bebatuan dan sebagai mineral dalam cairan asin di bawah ladang garam. Beberapa tahun terakhir ini, Cile mengembangkan ladang garamnya yang kaya kandungan Lithium untuk menjadi produsen Lithium terbesar di dunia. Seiring meningkatnya permintaan, deposit Lithium yang baru perlu cepat dibuka - termasuk ladang berdeposit 5,95 ton di bawah gurun pasir di- Bolivia. -Karen E. Lange.

Cara Lithium bekerja

Pada aki atau baterai, Lithium berfungsi sebagai elektroda positif, grafit adalah elektroda negatifnya. Ion lalu mengalir melintasi plastik, menghasilkan energi. Lapisan tembaga menyatukan kesemuanya.

Tembaga
Lithium Kobalt Oksida
Plastik
Grafit
Tembaga

Tambang Lithium, 2008

Cile
Australia
Argentina
Portugal
Kanada
Zimbabwe
Brasil

Listrik Matahari

Sinar surya menyirami bumi dengan energi nan melimpah-andai kita dapat menyerapnya.

Potensi Tak Terhingga

Energi yang setara dengan 6.000 kali konsumsi listrik dunia tak henti menyinari Bumi. Bahkan dengan teknologi saat ini, kita dapat menghasilkan listrik puluhan kali kebutuhan kita. Hanya, biaya membangun prasarana yang diperlukan untuk beralih ke energi surya lebih besar daripada terus memakai bahan bakar fosil. Sebagaimana data dari satelit NASA, pemuka energi surya dunia, terutama Jerman, bukanlah negeri yang paling berlimpah sinar surya, tetapi yang mampu membayar lebih untuk tenaga surya. Namun, biaya tenaga surya terus turun. Negara-negara berkembang di daerah subtropis dapat memetik manfaat dari hal ini; sinar surya yang stabil berarti investasi prasarana energi itu akan cepat memberi untung.

Listrik global yang dapat dihasilkan dari sumber terbarukan
- Fotovoltaik
- Pemusatan sinar surya
- Angin (di darat)
- Laut (gelombang pasang)
- Tenaga hidro
- Panas bumi
- Angin (lepas pantai)

Listrik global
- Sumber tak terbarukan
- Hidro
- Terbarukan lainnya
- Angin
- Surya

Catatan : 1 Terawatt-Jam = 1000 Gigawatt-Jam = 1 Milyar Kilowatt-Jam
1 Kilowatt-Jam akan menyalakan lampu listrik 100 watt selama 10 jam.

Radiasi Matahari yang jatuh di Muka Bumi : 1 - 7 Kilowatt-Jam per Meter Persegi per Hari

Tenaga Fotovoltaik

Panel surya di atas atap rumah menghasilkan listrik saat cahaya melepaskan elektron dari semikonduktor, biasanya silikon. Tak seperti pemusatan sinar surya, sistem fotovoltaik dapat beroperasi secara efisien dalam skala kecil
- Penangkap elektron
- Silikon yang kaya elektron
- Silikon yang miskin elektron
- Penghantar Elektron

Menyerap Sinar Surya

Di Nevada Solar One dekat Las Vegas, minyak yang dialirkan dengan pipa sepanjang jajaran pemantul menyerap sinar surya yang difokuskan, cukup panas untuk menghasilkan uap dan menggerakkan pembangkit listrik 64-megawatt

Minyak Panas00000000000000Air Panas
Cermin000000Pemindah Panas000000000Generator000Listrik ke penghantar
Minyak Dingin00000000000000Air Dingin

Katalis

Listrik saat malam hari tetap menjadi masalah bagi rumah bertenaga surya. Namun, katalis murah yang dapat memperbarui-diri, yang ditemukan oleh peneliti MIT Daniel Nocera, dapat menjadikan air sebagai media penyimpanan, untuk menyalakan lampu malam hari, juga untuk mengisi bahan bakar mobil listrik atau hidrogen.
1. Kelebihan listrik siang hari dari panel disalurkan ke pengelektrolisis.
2. Dibantu katalis yang baru, listrik dari surya menguraikan air menjadi hidrogen dan oksigen, yang kemudian disimpan.
3. Saat malam tiba, unsur yang tersimpan itu dipadukan ulang dalam sel bahan bakar, menghasilkan listrik.
4. Daya itu mengalir ke peralatan rumah tangga dan mengisi aki mobil listrik. Satu-satunya produk sampingan sel bahan bakar, yaitu air, daur ulang.


National Geographic : September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar