Selasa, 16 Juni 2009

Tips Perbaikan Komputer

[AMI BIOS]
Beep 1 x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 6 x : Kesalahan Gate A20 - Menunjukkan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri, Beep 8 x : Graphic Card/VGA Card tidak terpasang dengan baik atau rusak, Beep 11 x : Checksum Error, periksa Baterai Bios, dan ganti dengan yang baru.

[AWARD BIOS]
Beep 1 x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan baik atau rusak, Beep 1 x panjang 2 x pendek : Kerusakan pada Graphic Card (VGA), bisa juga pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk), Beep 1 x panjang 3 x pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang, Beep tidak terputus/bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Baterai CMOS Rusak/Lemah
Gejala : Muncul pesan CMOS Checksum Failure/Baterai Low, diakibatkan tegangan yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan baterai lemah, sehingga setingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set Ulang.
Solusi : Segera Ganti Baterainya.

CPU yang sering Hang
Penyebab : Bad Sector di Harddisk, Ada virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, Motherboard Kotor/Rusak, Cooling Fan putaran fan-nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil.

Komputer sering tampil Blue Screen
Penyebab : Pesan Blue Screen dari System Window ada yang rusak, Memory, Harddisk dan dari komponen lainnya, tergantung pesan Blue Screen yang ditampilkan.

Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya
Penyebab : Space Harddisk terlalu penuh, terlalu banyak program/software yang memakan space Harddisk dan Memory, ada Virus dan Harddisk Bad Sector

Tidak ada komentar:

Posting Komentar