Kamis, 18 Februari 2010

Kata-Kata Mutiara - 18 : MUTIARA KATA

"Alam Semesta terbangun dari cerita dan kisah, bukan atom", Muriel Rukeyser

?????"Dimana ada cinta, di situ tidak ada permintaan, pengharapan, dan ketergantungan. Saya tidak meminta orang untuk membuat saya bahagia; kebahagiaan saya ada di dalam diri saya. Kalau orang itu meninggalkan saya, saya tidak akan menyesali diri; saya sangat senang berada di dekat orang itu, tapi saya tidak terikat dengannya", Anthony de Mello (1931 - 1987, biarawan)

Krishnamurti, mindset motivator NLP (Neuro Linguistic Programming)
1. Saat penjajah dalam pikiran "Apa mungkin, ya?", pergilah ke cermin, tatap dia yang ada di cermin dengan tajam, katakan : "Enggak ada yang enggak mungkin! Anything is POSSIBLE".

2. "Tapi, apa kamu bisa, gitu loh?" Jawablah : "Bukan persoalan bisa atau tidak bisa, namun mau atau tidak mau!".

3. "Aku 'kan sayang pada kamu ..... " Jawablah : "Jika memang kau sayang padaku, berikan aku kesempatan untuk membuktikan siapa diriku ini".

4. "Bagaimana kalau kamu dihina orang?" Jawablah : "Hinaan aku perlukan sebagai sumber daya pengungkit agar aku terus bergerak maju".

5. "Bagaimana kalau kamu gagal?" Jawablah : "Gagal memang bisa muncul, hanya bila aku berhenti dan menyerah".

6. "Tapi ada waktunya kamu juga harus berhenti sejenak, bukan?" Jawablah : "Betul, boleh berhenti. Namun untuk beristirahat agar mendapat tenaga baru. Bukan untuk berleha-leha atau menyerah".

7. "Ah, memang kamu keras kepala" Jawablah : "Bukan soal keras kepala, manusia harus hidup dengan keras prinsip. Keras dalam tekad agar kepala tetap tegak sampai di akhir hayat".

8. "Kamu yakin bisa sukses?" Jawablah : "Bukan soal sukses atau gagal, yang terpenting adalah menyelesaikan apa yang telah dimulai".

9. "Walau kadang berat?" Jawablah : "Justru berat membuat kita kuat. Dengan semakin kuat, maka kita pun akan mampu mengangkat yang lebih berat".

10. "Ah, kamu sombong sekali" Jawablah : "Sepertinya sombong, namun ini adalah tekadku dalam mengarungi kehidupan. Tekad menimbulkan semangat. Semangat bukanlah kesombongan. Semangat adalah energi dahsyat".

11. "Apa tujuan hidupmu, jika demikian" Jawablah : "Paling tidak menjadi seorang yang berarti dalam hidup ini, seorang yang dapat memberi makna, berbagi hikmah, seorang yang berguna untuk orang lain".

12. "Apakah cita-cita itu tidak ketinggian?" Jawablah : "Mungkin tinggi, namun jika kita merangkak ke atas, raih demi raih, maka ketinggian pun dapat dicapai".

13. "Apakah perjalanan mencapai impian itu tidak berat?" Jawablah : "Memang berat, namun mungkin untuk diwujudkan".

14. "Jadi kamu yakin 100%?" Jawablah : "Keyakinanlah yang membuat manusia bisa terbang tinggi, setinggi yang diinginkan, sejauh yang bisa diraih".

15. "Jadi tekadmu sudah bulat" Jawablah : "Tekadlah yang menjadi sumber tenaga dahsyat manusia untuk ke bulan".

16. "Kamu sudah siap mental ke depan?" Jawablah : "Manusia diberi akal budi oleh Tuhan, apapun halangan di depan, selama kita percaya dan berserah pada Dia, maka pasti akan dibukakan jalan. Dimana ada kemauan, di situ pasti ada jalan. Jika belum ketemu jalan, maka buatlah jalan".

17. "Baiklah, aku mendukungmu" Jawablah : "Dukungan memang diperlukan manusia untuk mempercepat dan memperkuat perjuangan dalam mengarungi samudra kehidupan ini. Samudra memang luas, namun pasti dan pasti ada pantai indah nun jauh di sana. Pasti, jika kita terus mengayuh, mengayuh, dan mengayuh".

"Pengalaman adalah guru yang paling buruk, ia memberi ujian sebelum pelajaran diberikan", Vernon Law

"Nasib bukan perkara kesempatan melainkan pilihan. Bukan sesuatu yang kita tunggu, tapi kita raih", William Jennings Bryant

"Pendidikan adalah sisa ilmu yang mengendap, saat banyak hal yang telah kita pelajari terlupakan", B. F. Skinner (1904 - 1990, psikolog Amerika Serikat)

"Kebiasaan yang baik terbentuk saat kita secara konsisten mengatasi berbagai godaan", Peribahasa Yunani



Sumber : Intisari, Agustus 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar